Somersault Justice!

…and dead end irony…

Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China yang tidak pernah ada

Sebuah kisah yang mengharukan dan bisa juga sebagai teladan untuk anak-anak jaman sekarang, seorang anak yang dengan tekun merawat ayahnya yang sakit. Seorang anak di China pada 27 Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan “Perbuatan Luar Biasa”. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya anak kecil yang terpilih dari 1,4 milyar penduduk China.

Adalah satu dari sekian banyak tipikal cerita yang beredar di internet, atau mungkin berawal dari milis yang kemudian direpost di berbagai blog dan forum. Sarat dengan makna. Itu saja tidak cukup? Tambahkan foto, orang akan percaya bahwa ini adalah cerita nyata.

Sepertinya manusia sudah segitu desperatenya sampai harus bikin cerita fiksi untuk diteladani…😀 Why not Naruto? Toh pengarangnya tidak perlu bikin klaim ‘true story’ untuk mendapat perhatian…

Image

Zhang Da Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China yang Tidak Pernah Ada

Zhang Da, nama yang diambil adalah nama jenderal dari negeri  Shu Han dari jaman tiga kerajaan. Foto yang dipergunakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan cerita, dan in fact, diambil dari lokasi yang berbeda: Foto 1 (bw) adalah milik fotografer Tammie Dooley (http://soloroadtrip.com/tripjournal/china/)Foto 2 adalah milik Jeffrey Wu yang berjudul “Little Boy at Tiger Leaping Gorge” salah satu pemenang kontes foto Study Abroad (2007) (http://www.cmc.edu/studyabroad/photogallery/spring2007/)
Tidak ada satupun catatan mengenai award yang disebutkan. Semua tautan berasal dari Indonesia. Artikel dalam Bahasa Inggris adalah terjemahan dari kisah ini.

Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern. Saat ini banyak anak yang segala sesuatunya selalu dimudahkan oleh orang tuanya. Karena alasan sayang, orang tua selalu membantu anaknya, meskipun sang anak sudah mampu melakukannya. Sayang sekali Zhang Da tidak pernah ada. Dan ini hanya satu dari sekian banyak cerita boong yang anda “oooooh” dan share tanpa pikir panjang.

Masih butuh random story dari internet buat motivasi?

zhang da, pemenang Cell Game mendapat penghargaan

Zhang Da, pemenang Cell Game mendapat penghargaan dari pemerintah PRC yang selalu peduli dengah kehidupan warga negaranya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: